Pengertian trojan

PENGERTIAN TROJAN
Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).


JENIS TROJAN
1.Remote Access Trojan (RAT)

RAT adalah salah satu dari tujuh jenis utama dari Trojan horse dirancang untuk memberikan penyerang dengan kontrol penuh dari sistem korban. Hacker dapat menggunkana virus ini untuk mengendalikan komputer korban sepenuhnya.

2.KEYLOGGER
Keylogger adalah aplikasi yang bisa merekam aktifitas pengguna komputer. Berasal dari kata kerja “log”. Orang/program yang melakukan aktifitas log ini namanya “logger”. Sedangkan “logging” berarti adalah istilah untuk kegiatan “merekam” aktifitas log-nya. Biasanya hasil log yang telah terekam oleh keylogger berupa file yang di simpan kedalam notepad, browser, software, dan lainnya. Biasanya log atau catatan hasil rekaman keylogger yang disimpan di browser, dapat dibuka dengan menggunakan tombol kombinasi, seperti ctrl + Shift + O atau tombol kombinasi lainnya. Seiring berkembangnya otak manusia, maka dibuatlah keylogger yang bisa merekam segala aktifitas kita di komputer atau smartphone, seperti pergerakan klik mouse, ketikkan keyboard, dll.

3.Trojan DDOS
DDoS adalah jenis serangan yang dilakukan dengan cara membanjiri lalu lintas jaringan internet pada server, sistem, atau jaringan. Umumnya serangan ini dilakukan menggunakan beberapa komputer host penyerang sampai dengan komputer target tidak bisa diakses. DDoS adalah serangan yang sangat populer digunakan oleh hacker. Bentuk serangan Denial of Service awal adalah serangan SYN Flooding Attack, yang pertama kali muncul pada tahun 1996 dan mengeksploitasi terhadap kelemahan yang terdapat di dalam protokol Transmission Control Protocol (TCP).

Nah itulah pengertian dari trojan semoga bermanfaat

0 Response to "Pengertian trojan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel