Pengertian backdoor dan manfaat backdoor bagi hacker



Pengertian Backdoor
Backdoor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan tanpa harus menangani proses autentikasi. Backdoor dapat membantu user yang membuat backdoor (peretas) dapat masuk ke dalam sistem tanpa harus melewati proses autentifikasi. Backdoor juga dapat diartikan sebagai mekanisme yang digunakan untuk mengakses sistem atau jaringan.

Awalnya backdoor dibuat para programmer untuk mendapatkan akses khusus untuk masuk ke dalam program yang mereka kembangkan. Apalagi saat terjadi masalah pada program mereka, seperti crash maupun masalah yang diakibatkan oleh bug. Pada saat terjadi masalah itu, backdoor menjadi salah satu solusi yang berhasil dibuat.

Namun, sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, backdoor yang sebelumnya menjadi solusi, saat ini menjadi salah satu celah yang digunakan mengambil akses sistem secara paksa. Backdoor disisipkan ke dalam kode sistem maupun sebuah program secara diam-diam sehingga pengguna tidak mengetahui ada backdoor pada sistemnya. Akibatnya, pembuat backdoor tadi dapat masuk dan mendapatkan akses ke dalam sistem pengguna bahkan dapat mengakses keseluruhan sistem.

Jenis Backdoor
1.Web Shell Backdoor
Web Shell Backdoor adalah salah satu cara memperoleh backdoor (pintu masuk) melalui web shell. Apa itu web shell? Web shell adalah sejenis teks perintah yang terdapat pada halaman website yang dapat digunakan untuk melakukan akses ke dalam sistem dengan mengeksekusi program tertentu.

2.System Shell Backdoor
System Backdoors adalah jenis backdoor yang paling populer dari sekian tipe backdoor. Jenis ini termasuk menjadi target utama dalam melakukan backdoor. Dikarenakan memberikan fleksibilitas dan stabilitas dibandingkan dengan web shell backdoor.




Manfaat Backdoor
1.Mengambil hak akses server/komputer
2.Mengambil hak akses website
3.Pembajakan Server
4.Pencurian Data
5.Melakukan serangan Distributed Denial of Service (DDoS)

Nah itulah pengertian backdoor, semoga bermanfaat

0 Response to "Pengertian backdoor dan manfaat backdoor bagi hacker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel